Loading...

Kamis, 13 Oktober 2011

Dampak Negatif Westernisasi

Dalam kehidupan sehari hari, kita tidak terlepas dari kebudayaan. Banyak para ahli yang mendefinisikan arti dari kebudayaan, namun secara garis besar dapat kita tarik kesimpulan sederhana bahwa kebudayaan adalah sesuatu pola pikir manusia yang teraplikasi dalam kehidupan sehari hari sehingga menjadi suatu kebiasaan tetap.
Kebudayaan dalam hidup manusia sehari hari dapat berubah akibat adanya percampuran dari kebudayaan lain. Faktor terbesar dalam perubahaan budaya saat ini yang paling terkenal adalah adanya modernisasi dan globalisasi. Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional. Akibat dari modernisasi dan globalisasi memiliki 2 dampak, dampak positif dan dampak negatif. Namun dampak positif relatif lebih sedikit dari pada dampak negatifnya, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi dikalangan remaja.
Dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi dikalangan remaja yang paling besar adalah gaya hidup yang kebarat baratan (westernisasi) seperti hilangnya sikap hormat terhadap orang tua, pergaulan bebas dan lain lain. Diantara dampak negatif yang terjadi dikalangan remaja tersebut yang paling mendominasi adalah pergaulan bebas. Seperti yang kita ketahui, belakangan ini banyak sekali terjadi pemerkosaan dan hamil diluar nikah. Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Sujarno mengatakan hingga pertengahan September 2011 saja telah terjadi 40 kasus pemerkosaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) kabupaten Klaten mencatat tiap bulan jumlah kasus remaja yang hamil sebelum menikah mencapai puluhan pasangan. Ini membuktikan bahwa dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi dalam hal westernisasi berpengaruh besar akan rusaknya moral para remaja di Indonesia.
Dampak westernisasi tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan dengan cara para orang tua mengontrol kehidupan pergaulan dan pola hidup anak remajanya. Kontrol orang tua terhadap anak remajanya bepengaruh besar untuk meminimalisir atau menghilangkan dampak negatif tersebut.

(sumber :http://www.anneahira.com/budaya-remaja.htm
              http://afand.abatasa.com/post/detail/2761/dampak-positif-dan-dampak-negatif--globalisasi-dan-modernisasi
              http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1774867/waspada-perkosaan-berpotensi-terjadi-lagi
              http://rdsfmsolo.com/blog/2011/04/angka-hamil-di-luar-nikah-makin-tinggi-di-klaten/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar